Search

You Make Me Feel ... Aretha Franklin Selalu Dikenang

Suara.com - (You Make Me Feel Like) A Natural Woman milik Aretha Franklin, yang ditariksuarakan ulang oleh Carole King, menjadi salah satu lagu yang selalu dikenang generasi 1960-an. Momen terakhir Franklin menyanyikan hitsnya ini berlangsung di Kennedy Center Honors, 2015.  Saat itu disaksikan langsung oleh Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama dan Kepala Negara, Barack Obama.

Berita duka menyoal penyanyi legendaris ini datang Kamis lalu (16/08/2018) waktu setempat, saat juru bicara keluarga Franklin menyatakan bahwa Aretha Franklin wafat di Detroit, Amerika Serikat dalam usia 76 tahun.

Penyebabnya adalah kanker pakreas stadium lanjut, demikian dikutip dari Reuters. Prestasi Franklin sendiri adalah mencetak sekitar 25 album emas (golden records) serta 18 penghargaan Grammy Awards.

Satu hal menarik yang bisa dikulik menyoal suara emasnya adalah: ia dilahirkan dari keluarga pendeta Baptis di Detroit. Sehingga urusan olah vokal sudah dimulai sejak usia dini, di mana ia turut berkeliling menyanyi dalam pengabaran Injil, bersama kelompok gospel ayahnya.

Beroleh pendidikan musik dari musisi-musisi gospel hebat seperti Staple Singers, Soul Stirrers, James Cleveland dan The Mighty Clouds of Joy, gaya menyanyi gospel dengan "kekuatan penuh" itulah yang membawanya ke puncak blantika musik Amerika.

Sekitar 1960-an, nama Aretha Franklin melambung sebagai ratu musik soul, bersama nama-nama tenar seperti Otis Redding, Sam Cooke, dan Wilson Pickett.

Pada 1987, Franklin menjadi perempuan penyanyi pertama yang namanya dicantumkan dalam daftar Rock and Roll Hall of Fame. Dan majalah Rolling Stone pada 2010 menyebutnya sebagai penyanyi nomor satu era musik rock.

Meski tenar, Franklin tak semata-mata tampil untuk urusan hiburan komersial. Ia juga melantunkan lagu-lagu menggugah dalam upacara pemakaman pejuang hak sipil yang dibunuh, Martin Luther King Jr, juga pada pelantikan Presiden Barack Obama dan Presiden Bill Clinton.

Selamat jalan, Aretha Franklin ... You make me feel like a natural woman ... oh baby what you do to me, can make me feel so good inside. Antara

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/entertainment/2018/08/17/181500/you-make-me-feel-aretha-franklin-selalu-dikenang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "You Make Me Feel ... Aretha Franklin Selalu Dikenang"

Post a Comment

Powered by Blogger.