Search

Tika Bravani Rindukan Pola Pendidikan Di Melbourne

Suara.com - Artis Tika Bravani mengenang masa-masa indahnya saat tinggal Melbourne, Australia, di tahun 90-an. Saat itu istri artis Dimas Aditya itu terpaksa tinggal di sana karena mengikuti sang bapak yang ingin melanjutkan sekolah S2.

Bintang film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) mengenang saat sekolah di Melbourne di tahun 1998-1991 dengan memposting dua foto di sosial media instagramnya pribadinya @tikabravani.

"Dulu tinggal di Melbourne 1998-1999 karena papa sekolah S2. Sekolah di sekolah umum, bukan yang khusus anak asing. Jadi ada aja drama tiap hari selama 3 bulan karena nggak bisa bahasa Inggris," tulis Tika di caption fotonya melalui instagram pribadinya, @tikabravani.

Tika Bravani saat sekolah di Melbourne (tikabravani/instagram).
Tika Bravani saat sekolah di Melbourne (tikabravani/instagram).

Di balik kesulitan beradaptasi dengan teman-temannya, perempuan 28 tahun itu mengaku senang karena teman-teman sekolahnya saling bisa menghargai.

"Tapi aku belajar banyak. Bentuk sekolahnya gereja, sering kebaktian, tapi mereka menghargai aku yang muslim. Bahkan mereka nanya-nanya karena ingin tahu, Indonesia itu dimana, Islam itu apa, beneran ingin tahu," jelas Tika.

Yang menarik Tika Bravani menceritakan bagaimana sistem pendidikan di Melbourne yang menurutnya sangat berbeda jauh dengan Indonesia. Di negeri bagian Australia menomorsatukan kreativitas ketimbang pendidikan formal.

Tika Bravani saat sekolah di Melbourne (tikabravani/instagram).
Tika Bravani saat sekolah di Melbourne (tikabravani/instagram).

"Aku pun terbiasa nggak belajar dari satu arah. Mau ngerjain tugas atau diskusi, bebas gelosoran dimana aja, asal dikumpulin. Tugasnya pun mengutamakan kreativitas," lanjutnya.

Selain itu Tika baru mempelajari ilmu Matematika, terutama pertambahan dan pengurangan saat kelas 4. Hasilnya, dia selalu mendapatkan nilai tertinggi karena sebelumnya di Indonesia Matematika sudah didapat hingga perkalian. Namun Tika mengaku ingin menangis saat mendapat pelajaran membaca bahasa Italia. Dia mau menangis karena saat itu dia sama sekali tidak mengerti dengan bahasa tersebut. 

"Seminggu dua kali kita ke perpustakaan cuma untuk dengerin guru bacain cerita dan menganalisis isi ceritanya. Terus ada juga tugas membaca," tutur Tika.

Tika Bravani usai konferensi pers Film 'Nyai Ahmad Dahlan', di kawasan Mampang Raya, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017). (Suara.com/Ismail)

Walau sulit perlahan Tika Bravani mampu melewati pelajaran-pelajaran tersebut. Bahkan pemeran Fatmawati di film Soekarno: Indonesia Merdeka itu mengaku merindukan pola pendidikan seperti itu. 

"Tiba-tiba jadi kangen pola belajar seperti itu. Sederhana, nggak muluk-muluk banyak hafalan, tapi pas udah gede baru ngerasain, ternyata itu semua dasar pelajaran yang paling terpakai ," tutup Tika Bravani.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/entertainment/2018/06/10/140026/tika-bravani-rindukan-pola-pendidikan-di-melbourne

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tika Bravani Rindukan Pola Pendidikan Di Melbourne"

Post a Comment

Powered by Blogger.