Search

Kisah Sule yang Menikah Muda dan Lewati Banyak Ujian

Suara.com - Pernikahan pelawak Entis Sutisna alias Sule dan istrinya, Lina, diambang perceraian.

Lina memilih untuk berpisah dari lelaki yang menikahinya pada 20 tahun silam itu. Gugatan cerai Lina masuk ke Pengadilan Agama Cimahi, Jawa Barat pada akhir April lalu.

Suara.com pernah mewawancarai Sule secara eksklusif pada tiga tahun lalu, tepatnya Februari 2015. Sule kala itu bercerita tentang keputusannya menikah muda. Saat mempersunting Lina, Sule memang baru berusia 19 tahun.

Sule dan istri, Lina. (Instagram)

"Bini gue anak pertama perempuan. Ya, gue laki-laki pacaran lama, ya udah mutusin kawin lah," kata Sule menyebut alasan menikah muda.

Ketika menikah, Sule baru saja lulus dari Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) atau sekarang bernama SMKN 10 Bandung.

Lulus dari sana dan menikah, Sule terus menggampai mimpinya jadi seorang seniman. Dia melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) di Bandung.

Selain alasan tadi, Sule ingin mengikuti jejak orangtuanya, Abah Odo dan Ceu Kokom yang juga menikah muda.

"Mungkin turunan juga, Bapak gue juga 18 tahunan nikah, gue 19 tahun nikah, emak gue juga masih muda banget," ujar ayah Rizky Febian ini.

Bagi Sule, ada sisi positif jika menikah muda. Usianya dengan anak-anak tak terpaut jauh.

"Kalau misalnya kita 40 tahun baru punya anak repot lah," katanya.

Banyak ujian menikah muda

Ibarat koin yang memunyai dua sisi, Sule juga merasakan hal lain dari menikah muda. Dia tak memungkiri banyak ujian yang menghampiri pernikahan mereka meski tak mau disebut secara detail.

Tapi kata Sule, semua tetap tergantung bagaimana dia dan sang istri menyikapi cobaan yang muncul. Seberat apapun jika disikapi dengan positif pasti bakal menemui solusi.

Rizki Febian dan Sule main film bareng. [suara.com/Ismail]

"Tinggal dibalikin lagi ke kitanya mau dipertahanin atau nggak. Jangankan kita yang kawin muda, yang kawin tua juga ada, tergantung dari kitanya," ucap Sule.

Dampak negatif dari menikah muda, Sule melanjutkan, adalah sulit membagi waktu antara urusan rumah tangga dan pendidikan.

"Nggak bisa konsentrasi belajar, pikiran gue kebagi-bagi. Alhamdulillah gue dapat gelar sarjana tapi dapat pekerjaan, bukan berarti gue harus diikuti," ujarnya.

Karenanya, Sule yang merupakan jebolan Akademi Pelawak TPI (API) ini tetap memberikan pertimbangan jika anaknya ingin menikah muda seperti dirinya.

"Boleh kalau mau bertanggung jawab sama keluarga, kalau nggak mending jangan. Anak gue jadi mikir. 'Oh iya ya, mending sekolah dulu'," kata Sule.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/entertainment/2018/05/10/190248/kisah-sule-yang-menikah-muda-dan-lewati-banyak-ujian

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Sule yang Menikah Muda dan Lewati Banyak Ujian"

Post a Comment

Powered by Blogger.