Search

Mengingat Kembali Kiprah Dede Richo di Indonesian Idol 2008

Suara.com - Dunia entertainment di Indonesia dikejutkan dengan berita dari penyanyi dan jebolan Indonesian Idol Dede Richo Ramalinggam. Bukan karena prestasinya di musik, Dede Idol bikin berita karena ditangkap polisi dan menjadi bandit pecah kaca mobil.

Aksi itu dilakukan Dede Idol bersama sang kakak kandung, Deni Fredla Ochlers. Yang bikin miris, Dede mengaku melakukan kejahatan tersebut demi untuk menafkahi keluarga. Dede mengakui, setelah lulus dari Indonesian Idol menjadi miskin.

Dede Richo masuk Indonesian Idol seri keempat pada 2008 mewakili Medan, Sumatera Utara. Saat itu, Dede yang berusia 18 tampil di depan juri Idol seperti Anang Hermansyah, Titi DJ, Indra Lesmana dan Nugie. Dede Richo yang membawakan lagu "Kucinta Kau Apa Adanya" yang dipopulerkan Once Mekel. Dengan suara cukup baik dan kemampuannya bermain gitarnya, para juri pun memberikan golden tiket untuk Dede.

Finalis Indonesian Idol tahun 2008 Dede Richo Ramalinggam atau akrab disapa Dede Idol. (Suara.com/Anggy Muda)
Finalis Indonesian Idol tahun 2008 Dede Richo Ramalinggam atau akrab disapa Dede Idol. (Suara.com/Anggy Muda)

"Gue senang banget, pandangan lu tajam banget ke Mbak Titi itu dalam banget, Man," kata Nugie sambil memberi jempol.

Meskipun sebagai peserta audisi, kepercayaan diri Dede Richo sangat tinggi. Ia bahkan tak malu atau canggung di depan para juri yang diketahui memiliki nama besar.

Nugie bahkan sampai memeberi Dede uang Rp 50 ribu karena Dede Richo spontan membawakan lagu "Yogyakarta" yang dipopulerkan KLa Project. Selain itu, Nugie juga mengumumkan kalau Dede lolos babak eliminasi.

Setelah babak audisi, kiprah Dede Richo kemudian diuji di babak Workshop I dan II. Di babak tersebut Dede masing-masing membwakan lagu Munajat Cinta (The Rock) dan Yogyakarta (KLa Project). Dan kemudian di babak Pregala dan Wildcard, Dede Richo sukses membawakan lagu Rahasia Perempuan (Ari Lasso) dan mengantarnya ke Specakuler Show.

Di babak Spectakuler Pertama, Dede Richo membawakan lagu Pupus (Dewa). Dalam debutnya ini, Dede Richo mendapatkan nilai positif dari para juri

"Medan akan punya superstar baru. Keren," kata Anang Hermansyah.

"Saya suka sekali dengan suara kamu. Karakternya kuat dan enak. Tadi kamu nyanyi sebenarnya banyak ruang untuk bisa eksplorasi, tapi tidak kamu lakukan," kata Indra Lesmaran.

"Satu yang saya perhatikan Richo, kamu bagus sekali perkembangannya. Saya bilang sebelumnya, tingkatkan teknik kamu. Kamu juga punya prinsip dan gaya. Ternyata saran saya kamu dengerin. Keliatan banget kemajuannya," kata Titi DJ memuji.

Di babak Spectakuler 2, Dede Richo menjadi pembuka dengan membawakan lagu Hey Gadis yang dipopulerkan Band Samsons.

"Terus terang saya agak aneh ngedenger lagu ini kamu nyanyiin. Terlepas dari lagu yang tidak cocok untuk kompetisi ini, menurut saya kamu cukup bisa perform dengan baik. Jadi kelihatannya lebih fun, seru," kata juri Indra Lesmana.

"Yang ngajarin nyepak kaki itu siapa? Kamu sendiri? Bagus, karena itu akan jadi trademark kamu. Karena saya belum pernah lihat penyanyi yang nyepak-nyepak, nendang-nendang. Nyanyinya ok, semua aman," ujar juri Titi DJ.

"Cukup mengagetkan sih gaya kamu di atas panggung. Kamu luar biasa membuka malam ini," timpal juri Anang Hermansyah.

Di Spectakuler 3, Dede Richo mendapatkan jatah menyanyikan lagu I Miss You But I Hate You, yang dipopulerkan Slank. Namun sayang di babak ini Dede Richo mendapat banyak kritikan dari para juri.

"Kok aku dengarnya kayak di kafe yah. Iya, memang lagu ini aku ngarepin kalau kamu merasa ada di Idol, kamu menyanyikan lagunya Kaka Slank, kamu bisa mengubah dengan gaya kamu sendiri. Tapi kamu terpatok dengan Kaka dan nggak lari dari situ. Ya aku bilang, kayak cover version, ya kayak di kafe gue," kata juri Anang.

"Tambahan dari saya, mengugatkan juga dari Anang. Kayaknya nggak ada kemajuan apa-apa kamu nyanyi, gitu aja. Udah gitu, kata sepenggal bahasa Inggris aja nggak enak didengarnya," ujar juri Indra Lesmana.

"Ya selain jadi cover version, saya perhatikan kamu cuma mengandalkan lagu yang populer. Sementara kemampuannya tidak kamu tidak tingkatkan," kata Titi DJ.

Dan di Spectakuler 4, di sini langkah Dede Richo berakhir. Dede membawakan lagu "Begitu Indah" dari Padi dan membuatnya harus tersingkir dari Indonesian Idol.

Dede Idol bersama mobil yang ia pecahkan kacanya. (Anggy Muda/Suara.com)
Dede Idol bersama mobil yang ia pecahkan kacanya. (Anggy Muda/Suara.com)

"Saya tertarik dengan statement kamu kalau bernyanyi adalah akting. Saya setuju karena aktor melebur dengan peran, begitu juga dengan penyanyi melebur dengan lagu yang dia nyanyikan. Kamu juga bilang ganti lagu juga ganti skenario. Tapi saya melihat skenario kamu sama terus. Jadi masih kurang chemistry. Itu yang harus kamu gali. Kalau nyanyi, feel, suara, kamu sudah ada ciri yang kuat. Tinggal kamu eksplorasi," kata juri Titi DJ.

"Aku rasanya kamu nyanyi asyik sekali. Ini faktor bagaimana kamu mengartikan lagu. Cuma bagaimana kamu mengukur kemampuan kamu. Saat kamu berteriak, kamu nggak dapat. Itu fatal. itu yang buat kamu mengatur tenang, dan emosi teratur dengan baik. Jaga emosi kamu," kata Juri Anang Hermansyah.

"Saya setuju kayaknya kamu belum bisa stabil. Kamu mungkin peserta paling kontroversil. Banyak yang menganggap attitude kamu itu nggak asyik, berlebih malah. Tapi saya nggak ngomongin itu. Saya tetap merasakan perform kamu tidak stabil. Nada-nada kamu ujung-ujungnya naik semua. Jadi teknik kamu masih parah sebenarnya," kata juri Indra Lesmana.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/entertainment/2018/09/20/063000/mengingat-kembali-kiprah-dede-richo-di-indonesian-idol-2008

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengingat Kembali Kiprah Dede Richo di Indonesian Idol 2008"

Post a Comment

Powered by Blogger.